Jumat, 16 Januari 2009

"sesak nafas" sungai Bogor







Pencemaran sungai tidak hanya diakibatkan materi sampah cair dan padat serta pembuangan hajat manusia.Pengembangan bangunan fisik [beton] yang biasanya peruntukannya buat perumahan, juga merupakan bentuk pencemaran sungai.
Seperti halnya manusia, sungai juga akan sesak nafas dan dikemudian hari harus menggunakan alat bantu inhaler [alat bantu asma] atau dilarikan ke UGD.
Sebagai akibat bangunan yang berdiri di bantaran sungai, yang menjadi korban langsung tentunya adalah mereka yang tinggal di hilir akan banjir, karena debit air akan deras.
Dikemudian hari selain akan terjadi longsor pada bangunan yang berdiri di bantaran kali tersebut yang mengancam nyawa penghuninya, mata air - mata air di sepanjang DAS (daerah aliran sungai) akan semakin lama akan hilang satu persatu. Sadarkah anda warga kota Bogor, akan bentuk-bentuk pelanggaran seperti ini? Pedulikah anda sebagai mahluk Tuhan yang normal terutama bagi anda yang tinggal di dekat bantaran sungai kota Bogor. Untuk itu mari "HENTIKAN PEMBANGUNAN BANGUNAN SEPANJANG BANTARAN SUNGAI " terutama sungai CILIWUNG dan anak-anak sungainya. Data-data ini diambil pada tanggal 17 January 2009
Location: kali ciparigi Tegal Gundil Bogor Indonesia

5 komentar:

Kaboer Kanginan mengatakan...

Ciparigi ... that's one of plenty small river going to Ciliwung. Clean up Ciparigi will support better look of Ciliwung, no matter when. Let's act together then!

Moes Jum mengatakan...

Agung ... aku pengen mulung sampah Ciliwung. Mau ikut?

agungpsiko mengatakan...

keren; seminggu sekali atau dua minggu sekali; tentu berbeda..akibatnya, lumayan kringetan yaa (maen di sungai = bersih-bersih Ciliwung)

SaungUrip mengatakan...

sdh sedemikian parah ya Mas..
Komunitas warga yang tinggal di bantaran kali ciliwung apa ga sadar ya..Gimana agar mereka tidak buang sampah sembarangan.
Aku yo gemes pingin ikutan...wia gatel tangan iki...Salam blogger.

kadal28 mengatakan...

Treadnya keren gung, jarang yang ngangkat tread kayak gini. Mau dunk di ajarin nulis.. dah punya blog tapi lum bisa ngisi.

Emang kalo ngomongin kali alias sungai, hampir semua dikota besar bukan cman di bogor pnya masalah yang sama. Kalo nunggu masyarakat sadar mau sampe kapan ya :D. Kayaknya peran pemerintah juga kurang, buat nanganin urusan sampah di sungai. Yang ga disungai aja masih belum beres.

lanjutkan terus blognya
keren. jangan lupa mampir juga ya, ke blog gw.